Rabu, 10 Februari 2010

Kenapa Harus Pacaran?

Based on sebuah forum yang saya ikuti dibagian forum curhat saya liat sebagian besar thread yang dibuat adalah tentang masalah jomblo, keluhan tentang single dan sejenisnya. Dari situ ada beberapa hal yang bisa saya simpulkan.Pertama,jomblo alias single seperti sebuah masalah besar yang menyita hidup kita,terlebih kemaren malam minggu disaat banyak pasangan menghabiskan waktu berdua.Kedua,apakah dengan pacaran kita bisa terjamin dan tidak akan kesepian lagi dan setidaknya lebih bahagia?
Sedikit fakta :
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Universite de Montreal,University Hospital Center dan McGill University menemukan anak remaja yang mulai pacaran sejak dini lebih banyak mengalami sakit kepala,perut dan pinggang.Mereka juga dilaporkan lebih banyak mengalami depresi dibanding rekan usianya yang belum pernah pacaran.Dari kuesioner yang diisi oleh remaja berusia 12-17 tahun di Kanada ditemukan seorang yang mengenal cinta lebih dini cenderung menjadi pribadi yang rapuh,sakit-sakitan dan merasa tidak aman dan mudah depresi.Gejala itu berkembang dari masa remaja dan ketika dewasa.Mengapa hal ini terjadi?Seorang yang menjalani hubungan sejak dini akan memiliki alarm rasa sakit yang tinggi,terutama jika hubungan itu buruk.Sementara mereka yang belum menjalin cinta bisa lebih ekspresif dan lebih banyak bersosialisasi dengn temannya tanpa harus sedih dan mengalami depresi.
sumber : http://www.sciencedaily.com/
Pertanyaanya : Mengapa jika kita tidak berpacaran seperti akan mengalami kesepian?menurut saya ini dikarenak mind set kita yang sudah terpola seperti itu.Profokasi dari media yang menggambarkan bahwa pacaran akan membuat hidup kita lebih senang dan bebas kesepian membuat kita merasa tanpa pacar hidup kita kurang berarti.Hal itu menutupi fakta yang ada bahwa banyak hal yang bisa kita lakukan tanpa harus pacaran?
1. Jika kita masih sekolah atau kuliah,single berarti kesempatan untuk mempelajari apapun yang kita mau.melakukan hal-hal baru dan berkesplorasi. Belajar apapun yang kita mau. Internet adalah gudang ilmu,dari ilmu politik,komputer bahkan sampai forum supranatural bisa kita pelajari disini. Yang suka musik atau olahraga bisa melakukan itu tanpa harus diselingi dengan kesedihan dan sakit hati. Kita bisa berteman dengn siapapun,kita bisa banyak belajar dari mereka.Kita bisa saling share dan membantu tanpa resiko menyakiti dan disakiti. Universitas kehidupan tidak pernah tertutup untuk kita belajar apapun.Jadilah seorang pembelajar sejati.Fokuslah untuk membahagiakan ortu dengan belajar keras,buatlah mereka bangga dengan apa yang kita perbuat.
2. Jika kita sudah bekerja,sudahkah kita menyisakan uang hasil kerja kita untuk orang tua kita?menyenangkan hati mereka dengan memberi hadiah,surprise atau apapun yang mereka mau.Kita bahkan dengan rela hati mengeluarkan banyak uang untuk pasangan kita,apakah hal yang sama bisa kita lakukan untuk ortu dan keluarga kita?mereka punya hak yang lebih besar untuk itu.Jika kita sudah menikah kita ga akan sebebas seperti di saat kita single.
So,jomblo alias single berarti banyak buat kita,berarti kesempatan buat kita melakukan pengembangan diri,kesempatan buat kita membahagiakan ortu dan keluarga kita.
Sebuah pertanyaan yang sering muncul :
kalo tidak dengan pacaran,bagaimana kita akan belajar memahami pasangan dan bertambah dewasa?
Jawab : Belajarlah dari kehidupan,belajarlah memahami dan berkorban dengan keluarga kita, belajarlah psikologi yang buku nya banyak ada dimana-mana,belajarlah bahkan dari pengalaman terburuk sekalipun. Kita diberi kebebasan,akal,nafsu dan hati.Sesuatu yang bahkan tuhan tidak beri pada malaikat sekalipun.
Waktu hilang tak akan terganti, mari jadikan hidup lebih berarti...



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar